Review Short Manhwa/Webtoon Summer Breeze

Makaji
3 min readSep 27, 2020

--

Judul: Summer Breeze
Genre: Drama
Dibuat oleh: Kyoungchal Han
Status: Tamat (12 episode)

Blurb
(Saya comot dari Webtoonnya) Bertemu dengan seseorang yang kukenal, di tempat yang asing. Setelah musim panas ini selesai, mungkin kita…

Cerita
(Saya akan menulis cerita hanya sampai setengah dari episode satu) Go Yoon Ho kembali ke rumah neneknya setelah lama tidak berkunjung. Yoon Ho secara sukarela pergi ke rumah neneknya karena tidak ingin ada pertengkaran di keluarganya. Meski sudah masuk liburan musim panas,Yoon Ho masih memiliki kesibukan kuliah. Hal inilah yang memutuskan dia untuk tidak berlama-lama tinggal di rumah neneknya.

Ketika sampai di kampung, Yoon Ho dijemput oleh bibi dan pamannya. Nenek Yoon Ho ini merupakan jalur dari bapak dan bapak Yoon Ho memiliki abang yang sekarang menjaga neneknya. Yoon Ho disambut dengan dengan penuh suka cita oleh bibinya. Ternyata alasan bibinya menelpon untuk kembali pulang ke rumah neneknya adalah karena neneknya yang sudah tiga tahun pikun menanyakan kabar mengenai Yoon Ho dan keluarganya. Setengah cerita selesai.

Judul setiap episode menunjukkan berapa lama Yoon Ho tinggal di kampung neneknya. Pacing cerita terkesan lambat, tapi kita dibuat larut dalam cerita. Suasana kampung dan cerita masa lalu Yoon Ho dan Dong Hee seolah membawa kita mengingat kampung halaman kita.

Konflik cerita dibangun secara bertahap hingga akhirnya sampai ke klimaksnya. Saya pun merasa terharu dengan ceritanya huhuhu ;). Dari segi cerita, alur, dan kepadatan cerita sudah sangat oke.

Penokohan
Yoon Ho dan Dong Hee menunjukkan kita bahwa berkomunikasi itu tak melulu dengan kata-kata. Kata yang sederhana bisa berarti banyak. Salah satunya ketika adegan Dong Hee membonceng Yoon Ho. Dong Hee yang sok cuek padahal peduli dan kedewasaan Yoon Ho juga dapat kita lihat dalam cerita. Dialog-dialog mereka berdua selalu kita nantikan.

Summer Breeze Episode 2

Gambar
Gambarnya sendiri saya rasa mirip manhwa/komik perempuan pada umumnya. Warna cerah utamanya kuning yang ada di seluruh cerita mempertegas bahwa cerita berlatar saat musim panas.

Penilaian akhir saya untuk webtoon ini adalah 2/3. Saya sangat suka dengan perubahan semua tokoh di sepanjang alur cerita. Manhwa yang menyejukkan jiwa dan raga haha. Secara keseluruhan tidak ada yang hal buruk dalam manhwa ini, tapi karena temanya sudah umum jadi tidak bisa saya berikan nilai lebih. Di Epilog pengarang mengatakan bahwa banyak pembaca yang menyayangkan endingnya. Saya sendiri sih malah setuju dan merasa ending sudah ditutup dengan baik. Semua kembali ke penilaian masing-masing. Buat kalian yang suka dengan genre drama romantis saya sangat merekomendasikan manhwa ini.

*Deskripsi nilai:
Nilai 1 adalah manga/manhwa yang baik
Nilai 2 adalah manga/manhwa yang direkomendasikan untuk kamu baca jika menyukai genre yang sama
Nilai 3 adalah manga/manhwa yang wajib kamu baca!

Tambahan
Salah satu hal menarik yang saya lihat dari manhwa ini adalah penggambaran paman Yoon Ho yang dari awal matanya gimbarkan selalu tertutup topi. Di semua tokoh hanya paman Yoon Ho yang tidak terlihat matanya. Ternyata di akhir cerita kita baru diberitahu kenapa matanya selalu digambarkan tertutup. Teknik yang keren.

Summer Breeze Episode 2

--

--